Nama asli Jembatan Bantar, Gouverneur Jasperburg

Jembatan Bantar mempunyai nama asli Gouverneur Jasperburg, yang diresmikan pada tanggal 17 Juni 1929 oleh Gubernur Yogyakarta saat itu, yang bernama Johan Ernst Jasper (1928-1929). Demikiqn di tulis Indra di group WSO sambil berbagi video tentang jembatan ini.

Pembangunan jembatan Bantar dirancang oleh Ir. Verhoog dan Ir. Jurgensen yang dimulai sejak tahun 1917, namun sempat terhenti dikarenakan harga baja saat itu meroket. Lalu pembangunan dilanjutkan kembali pada tahun 1925 dan selesai pada tahun 1929. Demikian tambahan info yang diberikan.

Nama asli Jembatan Bantar

Baja-baja untuk jembatan ini dibuat di Pabrik Werkspoor, Utrech, Belanda. Baja ini diangkut dengan kapal dan tiba di pelabuhan Cilacap bulan April 1928. Kemudian diangkut menggunakan kereta api sampai di Stasiun Sentolo dan Stasiun Sedayu.

Biaya pembangunan jembatan ini menghabiskan 455.000 Gulden (kurang lebih 3,5 Milyar rupiah untuk tahun 2021). Dana pembangunan ini dibagi rata antara Pemerintahan Kolonial Belanda dengan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *