Tempat Wisata Kuliner Bernuansa Pedesaan: Kandang Ingkung Yogyakarta

Tempat Wisata Kuliner Bernuansa Pedesaan Kandang Ingkung Yogyakarta

Salah satu hal yang dicari ketika berwisata ke daerah adalah menikmati kuliner lokal sambil merasakan suasana pedesaan yang menenangkan. Pengalaman seperti ini bisa didapatkan di Kandang Ingkung Yogyakarta, sebuah tempat makan keluarga dengan nuansa pedesaan. Tempat ini terletak di Jitengan, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempat Wisata Kuliner Bernuansa Pedesaan: Kandang Ingkung Yogyakarta.

Jaraknya sekitar 10 kilometer atau sekitar 25-30 menit perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Kandang Ingkung Yogyakarta menawarkan masakan khas Jawa, dengan menu utamanya yaitu ingkung ayam. Ingkung ayam disajikan di atas tampah yang dilapisi daun pisang, lengkap dengan oseng jantung pisang, oseng daun pepaya, sambal, mentimun, lalap, peyek bayam, dan garang asem bambu sebagai pelengkap. Salah satu pelayan Kandang Ingkung Yogyakarta mengatakan bahwa selain ingkung ayam, garang asem bambu juga sangat diminati oleh pengunjung.

Jalan menuju Kandang Ingkung Yogyakarta cukup berliku dan berkontur naik-turun, sehingga disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi. Selain menikmati hidangan pedesaan yang alami dan asri, pengunjung juga bisa bersantai dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat. Tempat ini juga dilengkapi dengan area bermain yang cocok untuk anak-anak.

Kandang Ingkung saat ini memiliki dua cabang. Cabang pusatnya berada di Yogyakarta, buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 20.30 WIB. Sementara itu, cabang Madiun berlokasi di Ngrayung, Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Cabang ini buka setiap hari dari pukul 09.30 hingga 20.30 WIB.

Harga untuk makan ayam utuh dengan nasi mulai dari Rp 149.000 untuk porsi empat hingga lima orang. Sedangkan untuk paket satu orang dengan ayam seperempat ekor, harganya mulai dari Rp 39.000. Selain hidangan utama, pengunjung juga dapat menambah porsi dengan memesan camilan seperti pisang goreng kepok kuning, bakwan jagung, tempe mendoan, tempe garit goreng, dan singkong keju dengan harga antara Rp 8.000 hingga Rp 14.000.

Di Kandang Ingkung Resto & Kopi Yogyakarta, pengunjung dapat menikmati kopi arabika gayo dan robusta Lampung yang diseduh dengan jahe, kapulaga, serta sereh, yang disajikan secara tradisional. Yang unik, pengunjung dapat menikmati kopi sepuasnya dengan sistem pembayaran seikhlasnya. Salah seorang pengelola yang dipanggil dengan nama Eyang Kakung mengatakan, “Pengunjung paling suka kopi arabika gayo, itu paling favorit. Oh ya, kalau mau menambah, silahkan saja, di sini bebas mengambil sepuasnya, bayarnya terserah hati nurani masing-masing.”

Selain kopi panas, pengunjung juga dapat menikmati berbagai minuman dingin yang segar seperti es teh manis, es jeruk, es kelapa muda durian, lemon tea, es dawet pelangi, dan berbagai jus buah dengan harga antara Rp 5.000 hingga Rp 17.000. Selain makan di tempat, Kandang Ingkung juga menjual produk makanan beku atau frozen food, seperti ingkung ayam frozen seharga Rp 129.000, ingkung ayam bakar oseng sereh Rp 135.000, dan garang asem bambu frozen Rp 79.000.

Ketika mengunjungi Kandang Ingkung, kami melihat bahwa tempat ini menyediakan ruang makan lesehan, kursi kayu di luar ruangan, dan kursi kayu di dalam bangunan bergaya limasan. Fasilitas lainnya yang tersedia di sini meliputi ruang rapat, mushala, dan kamar mandi. Selain itu, anak-anak dapat bermain di playground dengan rumput sintetis dan Wall of Hope. Terdapat juga fasilitas panahan tradisional yang dapat digunakan tanpa dikenai biaya. Sesi panahan ini tersedia pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dan pukul 13.00 – 16.00 WIB.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *