DPRD Sulsel Bahas Mekanisme Pengusulan Pj Gubernur Sulsel untuk Periode 2023/2024

DPRD Sulsel Bahas Mekanisme Pengusulan Pj Gubernur Sulsel untuk Periode 20232024

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan telah membahas proses pengusulan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan sebagai pengganti Andi Sudirman Sulaiman (ASS). DPRD Sulsel Diskusikan Nama-nama Pengganti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Pembahasan ini berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3/3734/SJ, tanggal 21 Juli 2023, yang berisi usulan nama calon Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan. Saat ini, DPRD Sulsel telah membahas mekanisme pengusulan nama-nama yang akan mengisi masa jabatan periode 2023/2024.

Sejauh ini, beberapa nama telah mencuat ke publik, termasuk rektor dari universitas terkemuka di Makassar, seperti Prof. Dr. Jamaluddin Jompa dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Dr. Husain Syam dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Laksma TNI Abdul Rivai sebagai Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, dan Komjen Nana Sudjana yang merupakan Inspektur Utama Setjen DPR RI dan pernah menjabat Kapolda Sulsel.

Terdapat juga beberapa nama lainnya, termasuk Inspektur Jenderal Depdagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, serta Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang, Drs. H. Jufri Rahman.,M.Si (staf ahli bidang pemerintah dan otoda Kemenpan RB).

Baca Juga : Presiden Jokowi Memeriksa Pasar Tanjungsari: Harga Stabil, Suplai Cukup

Salah satu nama yang banyak dibicarakan adalah Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Rektor Unhas yang masa jabatannya berlangsung dari 2022 hingga 2026. Ia dikenal sebagai seorang tokoh ilmuan dunia yang memiliki banyak pengalaman, sehingga menjadi kandidat yang patut dipertimbangkan.

Mengenai hal ini, Prof. JJ memberikan tanggapannya. Ia mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pihak yang mengusulkan namanya sebagai salah satu calon Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan 2023. Namun, ia juga menyatakan bahwa saat ini masih memiliki tanggung jawab sebagai Rektor dan mengemban amanah tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *