Info : Pengenalan Aplikasi Pasar.id kepada Pedagang Pasar Gentan

Tim KKN 106 UMBY Perkenalan Aplikasi Sepasar.id utuk Pedagang Pasar Gentan, Sleman.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini dunia sedang berperang melawan virus COVID-19. Pandemi ini berdampak besar pada semua sektor, terutama sektor ekonomi. Hal ini juga dirasakan oleh para pedagang Pasar Gentan. Dimana survei yang dilakukan mahasiswa KKN 106 di lapangan menemukan beberapa pedagang Pasar Gentan mengeluhkan penjualannya menurun sejak adanya virus Covid-19. Dilihat dari kunjungan ke Pasar Gentan yang juga mengalami penurunan dibandingkan sebelum adanya virus ini. Pasar Gentan, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA di Kab./Kota/Kecamatan SLEMAN. Alamat Pasar jl. Kaliurang KM 10 Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.

Sehingga hal ini menjadi fokus mahasiswa KKN UMBY 106 untuk membantu pelaku pasar menghilangkan perasaan dan juga meningkatkan optimisme mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 mungkin membatasi ruang gerak para pelaku usaha, termasuk para pelaku Pasar Gentan, namun pandemi COVID-19 tentu tidak akan menahan rezeki para pelaku Pasar Gentan. Selama mereka terus berusaha dan mampu beradaptasi dengan situasi saat ini.

Tim KKN-PPM Tematik Angkatan XXXIX Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dari Kelompok 106 mengadakan sosialisasi Aplikasi Pasar.id untuk para pedagang Pasar Gentan. Sosialisasi akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2021 pukul 9.00 WIB bertempat di Gentan Market lantai 2. Sosialisasi ini mengedukasi para pedagang Pasar Gentan tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19.

Pasar.id adalah aplikasi yang digunakan untuk mendukung pendidikan di Pasar. Pada awal perkembangannya, pasar ini pertama kali diimplementasikan di Pasar Sambilegi, Maguwoharjo, Sleman, DIY pada tahun 2020. Aplikasi ini menyatukan Pedagang, Pemberi Materi (guru), Relawan dan pengelola pasar dalam satu pengelolaan aplikasi. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai jenis materi yang dapat dipelajari secara mandiri oleh para pedagang pasar. Dengan aplikasi ini, pedagang pasar juga dapat menggunakan fitur bantuan untuk memanggil sukarelawan untuk membantu pemain mengatasi masalah yang mereka alami.

Sosialisasi aplikasi Sepasar.id ini mendapat berbagai respon positif dari para pedagang Pasar Gentan, terlihat dari antusiasnya mereka untuk mendaftar dan juga mempelajari materi-materi yang diberikan di aplikasi Sepasar.id. Mereka berharap dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan mereka tentang berbagai strategi bisnis dan dapat mengimplementasikannya secara langsung. Sehingga kedepannya dapat berjalan lebih baik.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *