Dibangun Habiskan Rp 5 Miliar, Pasar Bulo ini malah Terbengkalai

Dibangun Habiskan Rp 5 Miliar, Pasar ini malah Terbengkalai

Pasar Rakyat Bulo Polman (Pasar Rakyat Bulo Kabupaten Polewali Mandar) Terbengkalai dan Dipenuhi Rumput setelah Habiskan Rp 5 Miliar. Pasar Rakyat Bulo yang terletak di Desa Bulo, Jalan poros Bulo-Matangha, Kecamatan Bulu, Polman, kini tidak lagi beroperasi. Bangunan pasar yang terdiri dari 30 kios atau los pasar terlihat ditumbuhi rumput ilalang dan terbengkalai. Pintu utama pasar pun tergembok, menunjukkan tidak ada transaksi jual beli yang terjadi di sana.

Muhar, seorang warga sekitar, mengatakan bahwa pasar itu sempat digunakan untuk jualan pada tahun 2021, tetapi hanya sedikit yang memanfaatkannya. Menurutnya, gedung pasar seharusnya bisa menyerap hasil tani warga desa seperti lombok, sayur bojo, dan tomat untuk dijual di sana. Namun, warga sekitar kurang tertarik untuk menjual di gedung pasar tersebut.

Baca Juga : Pasar Opo, Pasar Apa?

Ketua Komisi II DPRD Polman, Rudy Hamzah, mengungkapkan bahwa pasar tersebut dibangun pada tahun 2021 dengan anggaran mencapai Rp 5 miliar. Ia berharap agar pemerintah kecamatan lebih kreatif dan inovatif dalam mencari pelaku ekonomi yang dapat menarik minat pelaku ekonomi lokal untuk berjualan di pasar tersebut. Menurutnya, cara tersebut dapat merangsang daya saing pelaku ekonomi lokal yang lebih diprioritaskan untuk berjualan. Selain itu, lokasi gedung pasar yang strategis di jalan poros Bulo-Matangga dapat dimanfaatkan untuk menjangkau desa-desa yang jauh dari pasar Wonomulyo.

Berita Sebelumnya

  • Informasi diperoleh dari perangkatdaerah.polmankab.go.id (15 Juni 2022) Kunjungan Pihak Kementrian Perdagangan Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka Monitoring dan Serah Terima Pemanfaatan Pasar berupa Bangunan Pasar Rakyat Bulo Kabupaten Polewali Mandar. Menerima Kunjungan Pihak Kementrian Perdagangan Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka Monitoring dan Serah Terima Pemanfaatan Pasar berupa Bangunan Pasar Rakyat Bulo Kabupaten Polewali Mandar yang pengadaannya dilaksanakan oleh Disperindagkop Ukm Polewali Mandar Dana Tugas Pembantuan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan TA. 2021.
  • pattae.com 18 Januari 2022 : Tak Gunakan Alat Takar, Kualitas Bangunan Pasar Rakyat Bulo Dipertanyakan .Selain telah melewati batas waktu pengerjaan, proses pembangunannya pun dianggap semena-mena, tanpa memperhitungkan kualitas bagunan.
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *