Sensasi Kuliner Ayam Ingkung Jogja di Kandang Ingkung Resto & Kopi Karanganyar

Sensasi Kuliner Ayam Ingkung Jogja di Kandang Ingkung Resto & Kopi Karanganyar

Anda bisa menikmati kuliner ayam ingkung khas Jogja dengan suasana ala pedesaan di Kandang Ingkung Resto & Kopi yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar. Restoran keluarga ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Lawu Cangakan, Karanganyar, dan baru saja diresmikan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono pada Kamis (5/1/2023). Ini merupakan outlet ketiga dari Kandang Ingkung setelah Madiun, Jawa Timur, dengan pusatnya berada di Kandang Ingkung di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemilik Kandang Ingkung Resto & Kopi Jogja Cabang Karanganyar, Kukuh Waskito, menjelaskan bahwa menu ayam ingkung disajikan dengan bumbu areh khas Jogja. Ayam ingkung disajikan di atas tampah dengan alas daun pisang, dilengkapi dengan oseng jantung pisang, oseng daun pepaya, lalapan, peyek bayam, dan tentunya sambal korek sereh khas Jogja.

Baca Juga : DLH Kulon Progo Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA di Wilayah Kerja

Restoran ini mendapatkan ulasan positif dari pengunjung di Google Maps. Tempatnya cukup estetik, lokasinya strategis di pinggir jalan raya Karanganyar, luas dengan area indoor dan outdoor yang bisa digunakan untuk acara meeting, dan menu cukup komplit dengan cita rasa khas Ingkung ayam kampung.

Kandang Ingkung menggunakan bahan pilihan mulai dari bumbu hingga daging ayam, dengan berat daging ayam kampung di atas 9 ons dari normalnya 7 ons. Proses memasaknya membutuhkan waktu hingga 12 jam. Selain ayam ingkung, restoran ini juga menawarkan menu andalan lain, seperti garam asem bambu yang sangat diminati pengunjung.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Bernuansa Pedesaan: Kandang Ingkung Yogyakarta

Menu masakan Jawa lainnya juga tersedia, termasuk nasi pedas jintenan, nasi gurih dengan lauk daging sapi koyor kikil, dan camilan pelengkap seperti mendoan, bakwan jagung, singkong keju, dan pisang goreng. Restoran ini diyakini memiliki pangsa pasar khusus karena tidak memiliki kompetitor sejenis di Karanganyar.

Konsep Kandang Ingkung Resto & Kopi Karanganyar, yang didukung oleh Wawan Luis, mendukung pesatnya pariwisata di Karanganyar. Restoran ini dibangun di lahan seluas 2.000 meter persegi dengan konsep kampung Jawa yang natural, terlihat dari desain bangunan yang menggunakan permainan kayu.

Selain menyajikan ayam ingkung, restoran ini juga menawarkan kopi nusantara yang unik dengan konsep bayar seikhlasnya. Pengunjung dapat meracik sendiri kopi nusantara sesuai selera dengan tiga jenis air mendidih, yaitu air putih, wedang jahe, dan air kapulaga. Minuman ini di luar menu reguler dan dapat dibayar sesuai keikhlasan pengunjung dengan menyediakan kotak tempat uang di lokasi tersebut.

Jika di Jogja bisa kunjungi juga Kandang Ingkung Resto : Tempat Makan Ndeso

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *